BUPATI BELITUNG RESMIKAN PENGELOLAAN ASET TOILET DAN BIN SAMPAH

0
61

Tanjungpandan_Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos meresmikan pengeloaan aset toilet dan bin sampah bantuan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat pada Jum’at, (15/5/2019) bertempat di Kawasan Pantai Tanjungpendam. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Belitung disaksikan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie S.Sn, MSi, Plt. Kadin Lingkungan Hidup, Edi Usdianto ST, dan sejumlah pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto mengatakan, pembangunan ini merupakan bantuan dari Kementrian PUPR yang sudah diserahterimakan ke DLH Kabupaten Belitung. ‘’Kegiatan pembangunana ini terdiri dari; dua toilet di Kawasan Pantai Tanjungpendam, serta dua toilet lainnya yang berada di Dive Center Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, dan di HKM Juru Seberang, Desa Juru Seberang’’, kata Edi.

Lebih lanjut, kata Edi, bantuan lainnya berupa Bin Sampah sebanyak 53 unit, yang tersebar di Tanjungpendam ada 13 unit, di Tanjung Kelayang 4 unit, di terminal 2 unit, di HKM Juru Seberang 10 unit dan sisanya sebanyak 24 unit terdapat di perkantoran pemerintahan. Ada juga dalam paket bantuan tersebut, diberikan dua unit motor tosa, dan sudah diserahterimakan kepada DLH sejak bulan Februari 2019 kemarin. ‘’Mudah-mudahan keberadaan toilet ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Terutama sebagai bentuk pembelajaran menggunakan sarana toilet yang bagus dan untuk tetap menjaga kebersihan’’, ujar Edi.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan, penambahan fasilitas ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung. ‘’Untuk itu, saya ingin mengingatkan kita semua, disamping kita juga terus berupaya untuk menambah dan memenuhi beberapa fasilitas pendukung dan sarana umum bagi masyarakat, kita juga perlu untuk terus menanamkan kesadaran kepada masyarakat untuk dapat menjaga dan merawat fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya’’, ujar Sahani.

‘’Kita harus bisa merubah mainset masyarakat untuk ikut peduli dengan keberadaan fasilitas umum yang ada, serta peduli terhadap masalah kebersihan dan persoalan sampah. Karena tentunya tidak akan ada artinya segala pemenuhan sarana dan prasarana yang diberikan, tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi, salah satunya kesadaran untuk menjaga dan merawat sarana dan prasarana yang ada’’, kata Bupati.

Lebih lanjut, menurut Bupati, Kabupaten Belitung beruntung sekali bisa menerima bantuan ini. Mari kita manfaatkan dan jaga dengan sebaik-baiknya. ‘’Saya juga berharap pembenahan Kawasan Tanjungpendam agar segera diperbaiki, khususnya sudut-sudut yang dinilai membuat image Tanjungpendam menjadi terlihat kumuh dan kurang baik. ‘’Apapun sifatnya yang akan menghambat dan mengganggu prmbangunan daerah agar bisa ditindaklanjuti, dan OPD diharapkan agar dapat terus berinovasi untuk kemajuan pembangunan daerah’’, ujarnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan toilet di Kawasan Pantai Tanjungpendam.***dk