Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 Tanjungpandan

0
18

Tanjungpandan – Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung menghadiri sekaligus membuka Festival Ngerepak Durin Belitung 2020, Sabtu (11/01) 2020, bertempat di Kelekak Durin Gunong Sang Dusun Aik Gede Desa Kembiri Kecamatan Membalong. Dalam festival ini juga diadakan kontes durin, lumbe nepuk durin, lumbe ngolah durin, lumbe makan durin, lumbe joget durin dan lumbe milik durin terenak.

Pj. Kepala Desa Kembiri, dalam laporannya mengatakan kedepan dalam mengembangkan Kelekak Durin ini, kami juga ingin menanam kopi. Disini ada air terjun yang mau kami kembangkan, kami minta dukungan dari bapak bapak sekalian. Desa Kembiri ini sebenarnya kaya, tinggal gimana kita memantau nya. Saya mengharapkan pemerintah dan masyarakat sama sama mengembangkan daerah kita.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, mari kita tingkatkan partisipasi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Desa Kembiri, Kecamatan Membalong untuk menjaga lingkungan hidup dan memanfaatkan potensi alam serta peluang usaha yang ada. ”Ini adalah kegiatan yang rutin kita laksanakan, tapi semua itu tergantung musim. Ke depan festival ini  (Ngerepak Durin) akan lebih disempurnakan lagi. Dan untuk menambah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Belitung ini, kita akan mengandalkan wisata buah-buahan salah satunya durian” ujar Sahani.

Lebih lanjut, Festival Ngerepak Durin Belitung merupakan salah satu potensi promosi wisata yang harus didukung pelaksanaannya dengan menanamkan kesadaran kepada setiap masyarakat terhadap pentingnya peranan masyarakat di lingkup Desa terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup sebagai daya tarik wisata yang berkelanjutan. “Melalui kegiatan ini, saya mengajak masyarakat dan seluruh jajaran Pemerintahan Desa Kembiri Kecamatan Membalong untuk bersama meningkatkan peran serta untuk menjadi masyarakat yang kreatif, inovatif dan sadar wisata, yang mampu menciptakan iklim kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di wilayahnya” lanjut Sahani.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Festival Ngerepak Durin Belitung oleh Bupati dan Wakil Bupati Belitung yang ditandai dengan membuka dan makan durian. Hadir pada acara ini Dandim 0414 Belitung, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Kapolsek Membalong, anggota DPRD Kab. Belitung, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kab. Belitung, Kepala Dinas Pariwisata Kab. Belitung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Belitung, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Belitung, Kepala Disdukcapil Kab. Belitung, Kepala DPMPTSPP Kab. Belitung, Kepala Kesbangpol Kab. Belitung, Camat Membalong, Camat Sijuk, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Belitung serta tamu undangan lainnya.