Penyerahan Wakaf Buku Sang Elang

0
16

Malang – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri acara penyerahan wakaf buku Sang Elang untuk perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan Sekolah SMA/SMK dan perpustakaan umum Kota/Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek, dalam rangka napak tilas perjuangan Letkol. Pas (Purn) H. AS. Hanandjoeddin di Jawa Timur, Rabu (08/01) 2020, bertempat di Gedung Bina Yudha Lanud Abd Saleh.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, buku ini merupakan kisah seorang pejuang yang bernama Hanandjoeddin, kami berterima kasih kepada jajaran Lanud Abdulrahman Saleh yang sudah menerima kami dengan baik, semoga semua yang telah kita lakukan ini bisa bermanfaat. Hanandjoeddin banyak berjuang di pulau Jawa khususnya di Malang, terakhir beliau pernah menjabat Bupati Belitung dan wafat di Taman Makam Pahlawan Belitung. Pada kesempatan ini kami berjuang supaya beliau menjadi Pahlawan Nasional, dua tahun lalu pernah di usulkan tetapi masih ada beberapa kekurangan.

“Jadi kali ini saya sebagai Bupati turun langsung untuk menelusuri jejak beliau, untuk menambah referensi tim penilai. Suatu kebanggaan untuk kami, ada orang Belitung yang bisa menjadi Pahlawan Nasional. Kemarin Bupati malang sudah bersedia untuk mensupport pembangunan monumen di Kabupaten Malang. Terima kasih sudah mensupport kami, semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat untuk kita semua” ujar Sahani.

Komandan Lanud Abdulrahman Saleh, Marsma TNI Hesly Paat, dalam sambutannya mengatakan, buku ini  bisa menjadi referensi untuk anak-anak belajar sejarah. “Saya berencana untuk memberi nama jalan di komplek perumahan Paskhas Lanud Abdulrahman Saleh dengan nama H. AS. Hanandjoeddin. Beliau adalah salah satu orang yang berjasa mempertahankan Lanud Bugis, yang sekarang berubah nama menjadi Lanud Abdulrahman Saleh. Saya sangat menyambut baik rencana Bapak Bupati Belitung untuk menjadikan H. AS. Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional dan akan mendukung penuh rencana tersebut” ujar Hesly.

Hadir pada acara ini Komandan Depohar 30, Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh, Komandan Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abd Saleh, Komandan Skadron Udara 32 wing 2 Lanud Abd Saleh, Komandan Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh, Komandan Skatek 022 Lanud Abd Saleh, Komandan Satpom Lanud Abd Saleh, Komandan Batalyon 464 Paskhas, Komandan Denmatra 2 Paskhas, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Setda Kab. Belitung serta tamu undangan lainnya.