Bupati Belitung Himbau Masyarakat Tidak Terlalu Cemas Terkait Penyebaran Virus Corona

0
3

Tanjungpandan__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menghimbau masyarakat agar tidak terlalu cemas dan khawatir berlebih terhadap penyebaran virus corona. Menurutnya, upaya pencegahan terhadap penularan covid-19 (virus corona) merupakan program dunia yang harus kita siasati dan hadapi bersama. “Jangan terlalu khawatir, akan tetapi bagaimana kita membentengi diri. Lakukan hal-hal yang bisa mencegah dan hindari hal-hal yang bisa memicu”, tutur Sahani Saleh pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Meningkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19 di Kabupaten Belitung, bertempat di Ruang Rapat Pemkab Belitung, Jum’at (6/03/2020).

Bupati juga menghimbau masyarakat agar bisa menjaga dan melakukan pencegahan terhadap penularan virus corona dengan menjaga kebersihan dan membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat, sebagaimana arahan dan himbauan dari Presiden Joko Widodo. “Saya juga menghimbau Dinas/Instansi terkait agar dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap upaya pencegahan virus corona, khususnya di Kabupaten Belitung, serta dapat terus memantau dan melakukan pengawasan”, kata Sahani.

Semantara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Agus Sulistiadi, SKM, M.Epid selaku nara sumber mengajak jajaran terkait agar dapat terus melakukan langkah antisipatif terkait penyebaran virus corona. Ia juga meminta agar petugas kesehatan gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Berikan pemahaman kepada masyarakat terkait langkah-langkah pencegahan dan penularan Covid-19 (virus corona). Himbau masyarakat untuk menggalakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), salah satunya melalui kebiasaan cuci tangan. Kuncinya kebersihan, sebab apapun jenis penyakitnya faktor utamanya berasal dari lemahnya daya tahan tubuh kita”, jelasnya.

Selain itu, upaya pencegahan juga dilakukan Pemkab Belitung dengan meningkatkan kewaspadaan pada jalur masuk penumpang melalui bandara udara H.AS Hanandjoeddin, Tanjungpandan seperti halnya melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner hingga penyediaan cairan desinfektan bagi setiap penumpang yang tiba, khususnya bagi penumpang luar negeri.

Terkait hal ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga telah menyampaikan himbauan tentang upaya pencegahan penularan Covid-19 ditempat kerja maupun sekolah-sekolah. Adapun prilaku hidup bersih dan sehat yang harus kita lakukan, antara lain;

  1. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin
  2. Batasi menyentuh wajah (hidung, mulut, mata) sebelum mencuci tangan
  3. Terapkan etika batuk (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam)
  4. Gunakan masker jika batuk/flu
  5. Batasi berjabat tangan
  6. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup dan aktifitas fisik minimal 30 menit/hari
  7. Jaga jarak dengan teman atau rekan yang sedang demam/batuk/bersin

Kegiatan ini juga menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Santoso dam Executive General Manager  Kantor Cabang PT. Angkasa Pura II (Persero) Bandara H.AS Hanandjoeddin, Nanang selaku nara sumber. Turut hadir dalam Rakor, perwakilan Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Jajaran OPD di lingkungan Pemkab Belitung, par camat, lurah dan perangkat desa, serta undangan lainnya.