Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan Bangun Kolaborasi Antar Anggota

0
3

 

Tanjungpandan__ Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Koordinasi pada Selasa, (17/3) bertempat di Ballroom Hotel Grand Hatika Tanjungpandan dengan mengusung tema “Bersinergi Membangun Transportasi yang Berkeselamatan Untuk Negara”. 

Rakor ini dilksanakan dalam rangka mewujudkan keselamatan berlalu lintas yang mana mencakup pada tiga elemen penting sebagai fokus utama, diantaranya; kondisi sarana dan prasaran jalan, penertiban pemberian izin kepada pihak pengusaha angkutan, serta pelaksanaan lalu lintas yang berprinsip “zero accident”.

Kepala PUPR Provinsi Kepulauan Bangka Belitug, Ir. Noviar Ishak saat membacakan sambutan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, forum ini mengajak seluruh stakeholders yang bertanggung jawab atas lalu lintas dan angkutan jalan agar dapat berkolaborasi karena umumnya memiliki kesamaan tujuan, kepentingan, kewenangan yang menuntut untuk bersama-sama menyelesaikan persoalan yang ada. “Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kepedulian masing-masing pihak. Semoga forum ini dilaksanakan bukan hanya agenda rutin semata, namun diharapkan adanya masukan dari para peserta yang bisa membangun untuk mendorong kelancaran proses pembagunan ke depan”, ujarnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Belitung, Drs. Haziarto saat membacakan sambutan Bupati Belitung, berharap agar forum ini dapat menyelaraskan dan mengkolaborasikan setiap  kebijakan mengenai penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga antara kebijakan propinsi maupun daerah dapat sejalan dan bermuara pada peningkatan keselamatan dan keamanan seluruh pengguna jalan di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Haziarto, upaya dalam membangun kesadaran dalam berlalu lintas khususnya bagi pengguna maupun penyelenggara transportasi darat haruslah dilaksanakan dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat. “Dengan partisipasi tersebut, Sumber Daya Manusia yang profesional, berkompetensi tinggi dan memiliki pemahaman, serta pengetahuan tentang peraturan-peraturan dibidang lalu lintas dan transportasi darat dapat diwujudkan”, ujarnya.

Lebih lanjut, kata Haziarto, untuk mewujudkan keselamatan dan keamanan dibidang transportasi diperlukan dukungan nyata dari seluruh pihak, bukan hanya peran aktif pemerintah selaku pembuat kebijakan namun yang paling penting adalah meningkatkan peran aktif masyarakat sebagai pengguna. “Peran serta  meyarakat juga sangat diperlukan, mengingat permasalahan dibidang lalu lintas darat dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis”, pungkasnya.

Forum ini menghadirkan nara sumber dari Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Dinas PUPR Kabupaten Belitung dan Polres Belitung. Turut hadir dalam acara, para peserta yang merupakan jajaran OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Belitung, jajaran di lingkup Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, para stakeholders dan undangan lainnya.