Sekda Tinjau Lokasi Pembangunan Dermaga Teluk Gembira

0
4

Membalong__Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H.MZ. Hendra Caya, SE, M.Si didampingi segenap jajaran OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan koordinasi dan peninjauan lokasi rencana pelaksanaan pekerjaan pembangunan dermaga dan fasilitas umum Dermaga Teluk Gembira, Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kamis (19/03).

Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Setda, Wigman, WS peninjauan ini dilakukan untuk pelaksanaan kegiatan pengukuran dan penetapan batasan pembangunan dermaga yang daratannya akan dibebaskan. “Hari ini kita sudah lakukan cek bersama ke kawasan Dermaga Teluk Gembira, jadi disimpulkan nantinya akan dilakukan pengukuran kembali oleh pihak BPN karena kita harus mengetahui titik-titik awal luasan dari pihak pemilik tanah terkait batasan-batasannya agar nantinya didapatkan gambaran yang jelas agar kedepannya prosedurnya jelas”, ujarnya.

Terkait rencana pembangunan dermaga, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, M. Ubaidillah, meminta agar bisa dilakukan pengukuran secepatnya. “Karena kita mengejar waktu dan masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan dalam pengerjaan proyek ini. Jangan sampai kita kehilangan banyak waktu, untuk itu, segera lakukan pengukuran ulang”, tuturnya.

Sementara itu, Sekda meminta kepada pihak keluarga pemilik lahan agar bisa segera berembuk dan berkoordinasi terkait proses pengukuran lahan untuk pelaksanaan pembangunan dermaga ke depan. “Untuk pelaksanaanya juga agar disesuaikan dengan aturan yang ada, harus dicek betul bagaimana pengukurannya dan pembebasan lahannya”, jelas Hendra Caya.

Kata Sekda, adapun kesimpulan pertemuan kali ini, nantinya tahap awal akan tetap dilakukan pengukuran ulang oleh BPN secepatnya untuk menentukan titik yang ada dan nantinya disesuaikan dengan aturan abrasi yang berlaku. Untuk Kepastian hukumnya agar diukur terlebih dahulu agar bisa mengetahui luasannya dimana, titik abrasinya dimana, nantinya tinggal disesuaikan dengan aturan yang ada. “Jadi, kita akan ukur lagi lahan seluas 26.182 hektar untuk mengetahui abrasinya berapa, sehingga nantinya bisa dtentukan yang dibutuhkan untuk dermaga berapa. Dan untuk selanjutnya akan dilaksanakan proses pengerjaan dermaganya”, ujar Sekda.

Turut hadir dalam peninjauan, pihak BPN Kabupaten Belitung, pemilik lahan, dan segenap unsur terkait lainnya.