PEMKAB BELITUNG GELAR OPERASI PASAR BAWANG PUTIH DI KECAMATAN BADAU

0
154

 

Tanjungpandan___Pemerintah Kabupaten Belitung bekerjasama dengan PT. Cahaya Bahari Belitung menggelar Operasi Pasar Bawang Putih di Kecamatan Badau pada Rabu, (15/5/2019). Kegiatan ini sebagai upaya untuk menstabilkan harga dan mengendalikan laju inflasi di Kabupaten Belitung.

Menurut Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, tujuan dilaksanakannya operasi pasar ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sembako sebagai kebutuhan utama masyarakat menjelang persiapan lebaran dan menjaga agar tidak terjadi inflasi yang berlebihan di daerah. ‘’Selain bawang putih, kita juga akan tetap mengontrol barang-barang sembako lainnya yang melonjak naik, seperti daging. Jadi, intinya selagi masih bisa terkontrol harga kebutuhan sembako yang lain, kita tidak akan melakukan intervensi. Untuk yang rutin, seperti daging dan ayam nantinya juga akan disiapkan. Tahun ini, untuk daging sapi sudah kami siapkan yang akan dikoordinir oleh Dandim dan BUMD’’, ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sahani, operasi pasar bawang putih dilaksanakan secara merata di tiap Kecamatan se-kabupaten Belitung, kecuali Kecamatan Selat Nasik. ‘’Operasi pasar ini, sasarannya kita prioritaskan untuk masyarakat kurang mampu. Untuk itu, dalam pelaksanaannya, dilakukan dengan sistem pembagian kartu (kupon) kepada masyarakat’’, jelasnya.

‘’Untuk di Kecamatan Badau, kita menyiapkan sebanyak 300 kg bawang putih untuk masyarakat, yang terdiri dari 200 kg untuk masyarakat Desa Badau dan 100 kg untuk Desa Ibul. Mudahan-mudahan dengan operasi pasar ini, kita bisa membantu masyarakat dan menekan lonjakan harga, khususnya untuk komoditas bawang putih’’, kata Sahani.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Belitung, Camat Badau, segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung dan jajaran perangkat desa.***dk/mrv