Berlangsung Sederhana, Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tetap Khidmat

0
42

 

Tanjungpandan___Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pelaksanaan Upacara peringatan HUT RI Ke-75 Tahun 2020 yang digelar Pemerintah Kabupaten Belitung, Senin, (17/8/2020), di Halaman Kantor Bupati Belitung digelar secara sederhana, namun tetap berlangsung khidmat dengan mematuhi aturan protokol kesehatan.

Pada Upacara penaikan bendera merah putih, bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, komandan upacara Kapten (Lek) Fardian dari Pangkalan TNI AU H.AS Hanandjoeddin dan bertindak sebagai perwira upacara, AKP Lili Solihin, SH. Sedangkan pasukan pengibar bendera adalah Firdanu Eka Akmal (SMA Negeri 1 Tanjung Pandan), Rahmawati (MAN 1 Belitung) dan Frista Montana Linto (MAN 1 Belitung).

Dalam moment ini, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk memaknai peringatan hari kemedekaan dengan mengenang jasa para kusuma bangsa, karena kemerdekaan adalah alat perjuangan untuk membangun bangsa sehingga cita-cita proklamasi untuk mensejahterakan masyarakat secara adil dan makmur terwujud.

Selanjutnya, dikatakan Sahani, upacara peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini dibuat sederhana, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, karena Republik Indonesia sekarang ini sedang dalam situasi covid-19. “Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini upacara kita laksanakan secara sederhana, akan tetapi hal ini tidak mengurangi makna dan nilai-nilai kita dalam memaknai kemerdekaan itu sendiri,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, sekarang ini, nomenklatur baru adalah Indonesia maju. “Apalagi ditengah pandemi covid-19, maknanya sedikit berbeda, kalau dulu kita berjuang untuk merebut kemerdekaan, nah sekarang ini berhadapan dengan covid-19, dan itu merupakan suatu tantangan dan cobaan. Kondisi ini harus dihadapi dengan semangat proklamasi kemerdekaan, sehingga dalam menyemangati itu, seluruh element masyarakat harus bersatu padu secara iklas tanpa pamrih” pungkas Sahani.

Dalam moment HUT RI kali ini, sebanyak 107 WBP lapas Kelas IIB Tanjungpandan menerima Remisi Umum dari Menteri Hukum dan HAM RI. Penyerahan Remisi dilaksanakan secara simbolis setelah upacara pengibaran bendera berlangsung. SK Remisi Umum dari Menkumham diserahkan oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh. S. Sos kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, SH, MH.

Peringatan HUT ke -75 Republik Indonesia juga diisi dengan kegiatan Gebrak Masker bersama pengurus PKK Kabupaten Belitung sebagaimana arahan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, dan berlanjut dengan pelaksanaan Upacara Virtual Pengibaran Bendera yang dilaksanakan secara live melalui Video Confrence disiarkan langsung dari Istana Merdeka. Kegiatan ini diikuti oleh Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung, Sekda Kabupaten Belitung dan Unsur Forkompinda Kabupaten Belitung.

Rangkaian kegiatan HUT ke 75 RI ditutup dengan pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera di Halaman Kantor Bupati Belitung sore harinya. Dalam kesempatan ini, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, sementara Bupati Belitung, Sekda Kabupaten Belitung dan Unsur Forkompinda Kabupaten Belitung mengikuti kegiatan Live Video Confrence Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka. (DK)