BLK Tanjung Kelayang Dukung Pengembangan SDM Pariwisata Belitung

0
67
Kunjungan Kabag Protokol Ke Balai Latihan Kerja Belitung

Sijuk__Sejak diresmikan oleh Direktorat Jenderal Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan bersama beberapa BLK dari Sidoarjo pada September 2019 lalu, Balai Latihan Kerja (BLK)  Tanjung Kelayang yang terletak di Kawasan KEK Pariwisata, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk mulai efektif melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi pada tahun 2020 ini.

Berbagai pelatihan telah dilaksanakan dalam upaya mendukung pengembangan SDM Pariwisata di Kabupaten Belitung yang bersinergi dengan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Tata Usaha BLK Kabupaten Belitung, Enita Yolanda G. Manik, S. Si,  M. IKom saat menerima kunjungan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung dan rombongan, Selasa, (14/7). 

Kunjungan ini dalam rangka mewakili Pemerintah Kabupaten Belitung untuk menyerahkan foto kenang-kenangan saat acara penerimaan penghargaan yang diterima BLK Tanjung Kelayang atas partisipasinya dalam penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Belitung pada Peringatan HJKT ke-182 pada Tanggal 1 Juli lalu, sekaligus untuk melakukan koordinasi terkait rencana pelaksanaan Kunjungan Bupati Belitung dan jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung ke BLK Tanjung Kelayang yang rencananya akan dilaksanakan  minggu depan.

Dalam kesempatan ini, perwakilan BLK Tanjung Kelayang menyambut hangat kehadiran rombongan dan berterima kasih atas dukungan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Belitung terhadap keberadaan BLK Tanjung Kelayang. “Kami sangat berterima kasih atas support Pemerintah Kabupaten Belitung untuk kerjasamanya untuk mengembangan BLK ini. Namun, karena masih adanya beberapa kendala terkait fasilitas yang ada, seperti akses jalan masuk menuju BLK.Kami berharap Pemerintah Kabupaten dapat membantu, khususnya untuk merealisasikan pengaspalan jalan masuk menuju kawasan BLK. Hal ini juga dalam upaya peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana pendukung lainnya agar dapat berjalan lancar dan cepat”, ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Enita, bahwa antusias masyarakat Belitung, khususnya generasi muda cukup tinggi untuk mengikuti pelatihan di BLK Tanjung Kelayang. Ini membuktikan bahwa SDM Belitung bersemangat untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. “Ini merupakan sebuah peluang besar buat Belitung, karena kini tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengikuti pelatihan, di Belitung sudah ada. BLK ini diperuntukan bukan hanya untuk masyarakat di Pulau Belitung saja, tapi berlaku untuk seluruh warga di Indonesia. Jadi, yang ingin mendaftar silahkan bisa langsung datang ke kami”, ujarnya.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Dr. Zakina, S.Sos, M.Si mengapresiasi dan berterima kasih atas sambutan hangat jajaran BLK Tanjung Kelayang saat menerima kunjungan. “Mewakili Pemerintah Kabupaten Belitung, kami nantinya akan menyampaikan beberapa usulan yang telah disampaikan kepada Bupati Belitung dan jajaran, dan pada prinsipnya kami siap untuk senantiasa mendukung dan memberikan bantuan terhadap kendala dan hal-hal yang bisa dikerjasamakan. Karena ini merupakan keberuntungan bagi Belitung bisa memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) yang cukup representatif untuk pengembangan SDM. Ini potensi yang harus disupport dan didukung”, ujarnya.

Ditambahkan Zakina, keberadaan BLK ini tentunya akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Belitung dalam upaya mencetak SDM unggul, khususnya bidang pariwisata. Apalagi, peserta yang ikut pelatihan tenaga kerja melalui BLK ini, nantinya akan dibantu untuk bisa disalurkan ke berbagai perusahaan sesuai bidang keahlian yang sudah pernah dipelajari oleh peserta, khususnya bidang perhotelan. “Ini akan sangat membantu Pemerintah Kabupaten Belitung dalam upaya mengembangkan potensi SDM Pariwisata dan hal ini juga bisa sekaligus menyerap tenaga kerja. Apalagi, setelah mengikuti pelatihan, peserta akan diberikan sertifikat dari Badan Sertifikasi Nasional. Ini tentunya sangat membantu para pencari kerja, dan seluruh biaya pelatihan juga disediakan secara gratis dan sudah di tanggung oleh APBD dan APBN”, tuturnya.

Dalam kunjungan ini, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan beserta rombongan berkesempatan untuk diajak berkeliling dan melihat langsung sarana dan fasilitas yang dimiliki BLK Tanjung Kelayang, sekaligus melihat langsung proses pelatihan yang sedang berlangsung, diantaranya: pelatihan kuliner, pelatihan front office, pelatihan bahasa asing dan pelatihan barista. Turut hadir mendampingi Kabag, Kasubbag Komunikasi Pimpinan, Kasubag Komunikasi Pimpinan,  Iza Fitriasari, S. AP,  dan staf bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.**dk