Bupati Belitung Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa Kecamatan Membalong Tahun 2019

0
98

Belitung – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos membuka secara resmi kegiatan Bursa Inovasi Desa  Kecamatan Membalong Tahun 2019, Selasa (16/7) di Aula Kantor Camat Membalong. Tema yang diusung dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun ini adalah Desa Berinovasi, Desa Berkarya, Desa Mandiri dan Sejahtera.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 65 orang terdiri dari Perwakilan Desa/ Peserta Utama, Undangan Utama dari Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten Belitung, OPD Kecamatan dan Kabupaten, Tim Inovasi Kabupaten, Camat sebagai pembina penyelenggara bidang, undangan lainnya yaitu lembaga/pihak swasta, P2KTD, serta pihak lain sebagai pemantau.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Kegiatan, Sahriyal menjelaskan salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk menginformasikan pelaku yang terlibat dalam pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa kepada pemangku kepentingan di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Sementara itu Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya mengatakan Program Inovasi Desa (PID) dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa.

Selanjutnya menurut Bupati, program ini menawarkan kegiatan-kegiatan terkait pembangunan desa yang telah dinilai inovatif dan ditujukan untuk mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus, menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.

Bupati berharap dinas instansi terkait agar dapat berperan aktif dalam kegiatan ini. Tidak hanya itu, masyarakat juga harus menggali potensi potensi inovasi desa sesuai dengan program pemerintah yang menginginkan satu desa satu destinasi wisata.