BUPATI BUKA UKS/M EXPO 2019

0
127

Belitung- Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos membuka secara resmi kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) Expo tahun 2019, Senin (21/10) di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 21 hingga tanggal 23 oktober mendatang.

Ketua Pelaksana Kegiatan UKS/M Expo, Nita Merzalia, SKM menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini antara lain untuk memotivasi warga sekolah untuk berprilaku hidup, bersih dan sehat serta mencetak kader kesehatan yang berprestasi sehingga dapat menjadi role model bagi teman sebayanya.

Selain itu Nita menjelaskan UKS/M merupakan wadah untuk berbagai program seperti kesehatan reproduksi, gizi,  pencegahan penyalahgunaan NAPZA, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan, pengobatan sederhana dan lain-lain. Wadah ini menurut Nita menjadi penting dan strategis karena pelaksanaan program melalui UKS jauh lebih efektif dan efisien serta berdaya ungkit lebih besar.

”Sejalan dengan tema HKN ke-55 tahun 2019 ”Generasi Sehat Indonesia Unggul”  dimaknai sebagai upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam 5 tahun terakhir. Selain itu, dimaknai juga sebagai kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa” tambah Nita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Dr. Suhandri, Sp.OG menyampaikan untuk mendorong dan memacu pelaksanaan UKS/M, ditingkat Sekolah atau Madrasah dibentuk Tim Pelaksana UKS/M, sementara untuk ditingkat yang lebih tinggi mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat dibentuk Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) yang bertugas untuk membina, mendorong, memfasilitasi dan memantau serta mengevaluasi pelaksanaan UKS di wilayah kerjanya.

”Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan UKS, antara lain pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat yang dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan stimulasi dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan UKS oleh pemangku kepentingan melalui TP UKS Tk. Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan” jelas Suhandri.

Suhandri berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat berkesinambungan, utamanya dirangkul oleh Tim Pembina UKS/M Kabupaten, sehingga mindset yang selama ini berkembang bahwa UKS hanya tanggungjawab dari sektor kesehatan dapat diubah karena UKS/M merupakan tanggung jawab bersama.

Dalam kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menyampaikan bahwa keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), terlihat dan tercermin pada perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatnya derajat kesehatan peserta didik. Hal ini merupakan dampak yang diharapkan dari terlaksananya pembinaan dan pengembangan program UKS/M.

”UKS/M merupakan salah satu program yang mengharumkan nama Kabupaten Belitung di Tingkat Pusat. Salah satunya baru-baru ini SMP Negeri 2 Badau baru saja masuk nominasi 6 (enam) besar  Se-Indonesia untuk program UKS/M. Mudah-mudahan  segala usaha maksimal yang telah kita lakukan dapat membuahkan hasil yang bisa terus mengharumkan nama Kabupaten Belitung,” ujar Bupati

”Pemerintah   Kabupaten   Belitung   tentunya    sangat    mendukung    dan    mengapresiasi penyelenggara UKS EXPO ini sebagai wadah untuk memotivasi warga sekolah, para pengelola, para Tim Pembina UKS/M, lintas sektor dan stakeholder terkait untuk memacu generasi penerus kita menjadi generasi yang berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik, sehingga melalui ajang ini mereka dapat menjadi ’’role model’’ untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan diharapkan PHBS di sekolah dapat ditularkan di lingkungan keluarga dan masyarakat” tambah Bupati.

Senada dengan Suhandri, Bupati juga berharap agar kegiatan ini   dapat  menjadi  agenda   rutin yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga pelaksanaannya   dapat   terus ditingkatkan,   baik   itu  dari   segi kualitas maupun kuantitasnya. Selanjutnya, yang   tak   kalah   penting   adalah, pembinaan   yang   harus   terus dilaksanakan  kepada   sekolah-sekolah  yang  sudah  memiliki  UKS, serta   pengembangan   bagi    sekolah-sekolah yang belum memiliki UKS.

UKS/M Expo tingkat Kabupaten terdiri dari 8 kegiatan yang meliputi Workshop Model Sekolah Sehat bagi Kepala Sekolah dari Tngkat SD-SMA se Kabupaten Belitung, Lomba Vokal Grup Kader Kesehatan Remaja, Lomba Penyuluhan Dokter Kecil, Lomba Membuat Poster Kesehatan, Lomba Membuat Cerpen, Lomba Cerdas Cermat bagi TP UKS Kecamatan, , Lomba Cerdas Cermat bagi Dokter Kecil, Lomba Cerdas Cermat Kader Kehatan Remaja, dan Lomba Senam CTPD bagi TK/PAUD.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Subdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan RI, Sari Anggraeni, S.KM, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kep. Babel, Bahuri, S.KM, MM, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si serta undangan lainnya.