Bupati Lakukan Kampanye Keselamatan Dan Keamanan Di Pulau Lengkuas

0
143

Belitung – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos didampingi Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Unsur Forkopimda serta Dinas Terkait melakukan Kampanye Keselamatan dan Keamanan Berwisata, Selasa (11/6) di Pulau Lengkuas Kecamatan Sijuk. Kampanye ini dilakukan pasca terjadinya kecelakaan laut beberapa waktu yang lalu.

Rombongan menuju Pulau Lengkuas dari Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan jalur utama untuk wisatawan menuju pulau-pulau.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan kedisipinan pelaku wisata, khususnya wisata yang menggunakan transportasi laut.

Tidak hanya itu, terkait kecelakaan laut beberapa waktu lalu, Bupati menekankan agar kedepannya baik dari segi perizinan maupun kelayakan kapal pengangkut wisatawan harus lebih diperketat. Hal ini mengingat banyaknya kapal yang mengangkut wisatawan diluar dari transportasi wisatawan yang tergabung dalam wadah Paguyuban Tanjung Kelayang. Biasanya kapal tersebut merupakan kapal untuk memancing ikan.  

Dalam kesempatan ini Bupati juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah bekerjasama dengan TNI-Polri telah membentuk tim terpadu untuk transportasi laut ini. Paguyuban Tanjung kelayang menjadi pintu masuk untuk legalitas transportasi laut bagi wisatawan. Dalam kelompok tersebut penumpang yang akan menuju kepulau-pulau akan dilengkapi dengan life Jacket, asuransi dan sebagainya.

Bupati juga mengimbau agar para pelaku wisata mengkuti peraturan yang telah ditetapkan agar tidak terjadi lagi hal-hal yang diinginkan.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si menuturkan pelampung atau life Jacket merupakan hal yang sangat penting dalam transportasi laut dan tidak ada tawar menawar karena ini merupakan kewajiban.

Selain itu Wabup menjelaskan bahwa saat ini raperbup finalisasi mengenai hal ini masih dalam proses dan semua SOP terkait hal ini rencananya akan di lakukan di bulan September mendatang.

Terkait kecelakaan beberapa waktu lalu, Wabup menekankan bahwa Belitung masih sangat aman dan merupakan tempat yang nyaman untuk berwisata.

Wabup juga berharap agar wisatawan lebih mengedepankan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Jangan sampai masyarakat atau wisatawan menggunakan hooping island yang tidak direkomendasikan oleh pemerintah daerah.