BUPATI SERAHKAN BIBIT GRATIS

0
120

Badau- Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bibit pertanian dan DOC ayam ras pedaging kepada masyarakat, kamis (7/11) di Kantor Desa Air Batu Buding Kec. Badau. Penyerahakan bantuan ini merupakan salah satu program dari Bupati dan Wakil Bupati Belitung yaitu Program Bibit Gratis untuk Kampong (BAGUK).

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya mengatakan selain untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, program BAGUK ini juga untuk memotivasi masyarakat untuk terus mengkonsumsi buah-buahan sebagai nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh dan kesehatan. 

Tidak hanya itu, Bupati berharap agar dengan diberikannya bibit gratis ini, kedepannya kebutuhan seperti buah-buahan tidak lagi membeli dari luar, namun Belitung sudah menghasilkan sendiri.

“Agar nanti di Belitung buah-buahan sudah siap dan tidak perlu membeli dari luar lagi, hal ini dalam rangka untuk mengisi sisi pariwisata kita dan untuk menjaga inflasi daerah kita, selama ini kita mendatangkan buah dari luar. Nah, hal seperti ini kedepannya tidak perlu lagi datang dari luar, “ jelasnya.

Bupati juga berharap agar apa yang telah kita berikan ini dapat tumbuh dengan baik, dan tentunya di jaga dan dirawat dengan baik agar kelak bisa bermanfaat untuk kita masyarakat Belitung ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program BAGUK yang sudah di launcing pada bulan Maret 2019 lalu.

Sedangkan untuk tujuannya, Destika menjelaskan adalah untuk memperbaiki pola konsumsi masyarakat Belitung, mendorong petani dan kelompok tani untuk memiliki sikap mental yang bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan, kesehatan serta keamanan diri dan lingkungan.

Destika berharap kepada masyarakat terutama kepada tim penyuluh agar bibit-bibit yang dibagikan ini dapat dijaga dengan baik agar hidup dan bagi masyarakat.

Bantuan yang diberikan berupa benih Sawo 500 batang, Mangga sebanyak 500 batang, Jambu Jamaika sebanyak 1000 batang, Jambu Kristal sebanyak 1500 Batang, Alpukat Sebanyak 500 batang dan dibagikan untuk keseluruh kecamatan di Kabupaten Belitung.

Sedangkan bantuan DOC ayam ras pedaging sebanyak 20.000 ekor, pakan ternak sebanyak 15.000 kg, obat-obatan dan vintamin sebanyak 3 paket, mesin pencabut bulu sebanyak 3 unit yang akan diberikan kepada Kelompok Tani Mandiri Desa Perawas Kecamatan Tanjungpandan, dan Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Aik Batu Buding Kecamatan Badau.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kab. Belitung, Ansori, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Sekretaris Daerah Kab. Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, Asisten Bidang Administrasi, Dra. Ita Wahyuni, Wakil Ketua DPRD Kab. Belitung, Budi Prastiyo, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab. Belitung serta undangan lainnya.