Bupati Terima Perahu Pengangkut Sampah

0
131

Belitung – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerima perahu pengangkut sampah dengan bobot 1 GT (Gross Ton) dan Mesin 15 PK, Rabu (20/6) di Pendopo Tanjung Kelayang Kecamatan Sijuk. Perahu diserahkan oleh Belitung Maritime Ecotourism Development (BMED) kepada Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Edi Usdianto menjelaskan bahwa perahu yang diserahkan sebetulnya sudah direncanakan sejak beberapa bulan yang lalu, namun masih ada perbaikan-perbaikan. Perbaikan dilakukan agar nantinya menurut Edi,  perahu tersebut bisa dimaksimalkan untuk membantu pengembangan pariwisata Belitung.

Selain itu, Edi juga menjelaskan Parahu ini bekerja membawa sampah-sampah yang ada dalam plastik sampah dari pulau-pulau di seputar perairan Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk yang biasa dikunjungi wisatawan.

Sementara itu, Perwakilan dari BMED, Dahniel Aldolf. S dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belitung karena pihaknya diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam penanganan sampah ini. Karena berdasarkan data dari pusat, Dahniel mengatakan Indonesia merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar di Dunia.

Dahniel berharap kedepannya perahu pengangkut sampah setiap harinya mengangkut sampah hanya sedikit.  Menurutnya, semakin sedikit sampah yang diangkut, berarti kesadaran masyarakat akan sampah sudah semakin tinggi.

Senada dengan plt. Kepala DLH Kab. Belitung dan Perwakilan dari BMED, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos mengatakan permasalahan sampah ini memang cukup pelik di Kabupaten Belitung. Mengingat perairan Belitung adalah alur laut kepulauan Indonesia (ALKI). Berbagai kapal besar dari Negara lain melintas di jalur tersebut.

Bupati berharap semoga dengan adanya bantuan kapal pengangkut sampah ini bisa membuat laut Belitung Menjadi Bersih sekaligus dapat menunjang dan menambah pendapatan ekonomi masyarakat.  

Pengadaan parahu ini adalah Program Corporate Social Responsibility (CSR) BEMD yang merupakan perusahaan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S,Sn, M.Si, Kapolres Belitung, AKBP Yudhis Wibisana, Kepala OPD, Satgas Lebah setda undangan lainnya.