DESA KEMBIRI BAKAL KEMBANGKAN KAWASAN DESTINASI WISATA

0
21

DESA KEMBIRI BAKAL KEMBANGKAN KAWASAN DESTINASI WISATA
Tanjungpandan____Upaya Pemerintah Kabupaten Belitung untuk bangkit dan mengembangkan kembali pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung terus diupayakan. Dalam tatanan era normal baru, berbagai program dan kegiatan berkenaan dengan penggiatan sektor pariwisata terus dilaksanakan. Hal ini dalam upaya Pemerintah Daerah untuk kembali menggiatkan roda perekonomian daerah, sekaligus kembali membangun sektor pembangunan di Kabupaten Belitung.

Salah satu upaya yang kini juga terus diperkuat dan dilaksanakan melalui pelaksanaan program inovatif Tusena (Satu Desa Satu Destinasi). Terkait upaya tersebut, sebagai salah satu kawasan yang cukup potensial, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong juga mulai bergiat menciptakan dan mengemas beberapa kawasan wisata baru yang bisa dikembangkan secara lebih luas. Salah satunya kawasan agrowisata Kelekak Durian yang terletak di Dusun Aik Gede, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong. Usulan-usulan terkait pengembangan kawasan wisata tersebut, sebagaimana disampaikan ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Martoni saat menggelar pertemuan bersama Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Senin, (5/10) bertempat di Rumah Adat, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.

Dikatakan Martoni, dalam kesempatan ini, Pemerintah Desa Kembiri ingin belajar dan berkoordinasi lebih lanjut terkait pengembangan destinasi wisata di Desa Kembiri agar bisa sesuai harapan. Kami harapkan adanya masukan dan ide-ide cemerlang untuk pengelolaan tempat wisata di Desa Kembiri agar bisa menjadi lebih baik. Hal ini juga untuk mendukung pelaksanaan program Tusena (Satu Desa Satu Destinasi) Pemerintah Kabupaten Belitung. Untuk itu, kami mengajak mengunjungi beberapa tempat kawasan wisata yang nantinya akan kami kelola ke depan. Minta pendapat, masukan dan saran untuk kemajuan Desa Kembiri, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati dalam arahannya mengatakan, pertemuan ini sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya untuk melakukan survey kelayakan tempat dan pengembangan program ecotourism. Nantinya, kita akan menggabungkan konsep pariwisata dengan pengembangan lingkungan, kuliner dan UMKM. Kembiri dapat dijadikan sebagai pilot project pengembangan paket wisata. Jadi, nantinya tidak hanya menunggu musim durian datang, tapi kita bisa menjadikan kawasan Kelekak Durian yang ada di Desa Kembiri sebagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi setiap saat. Salah satunya, misalnya bisa dijadikan tempat camping (kemah) yang bisa dikemas semenarik mungkin, ujar Isyak.

Ditambahkan Wabup, dirinya juga menyambut baik dan memberikan dukungan penuh terkait rencana pelaksanaan kegiatan Ngumpil Kerite di Kelakak Durin yang bisa dijadikan salah satu alternatif pengembangan wisata di Desa Kembiri. Nantinya, kegiatan ini bisa dibuat semenarik mungkin untuk bisa dikembangkan sebagai pilihan destinasi wisata. Persiapkan dengan baik segala sesuatunya, yang terpenting ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung agar bisa menjadi perhatian penting, salah satunya berkenaan dengan ketersediaan sarana MCK atau toilet bersih, jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Wabup dan rombongan juga mengunjungi beberapa lokasi yang akan dikembangkan untuk kawasan destinasi wisata di Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, diantaranya, lokasi pemancingan, lokasi sawah dan kelekak durin guna melihat secara langsung potensi-potensi yang bisa dikembangkan ke depan.

Turut hadir dalam survey, perwakilan OPD terkait di Lingkungan Pemkab Belitung, Camat Membalong, serta unsur perangkat Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.***dk