KODIM 0414 BELITUNG GELAR RAPAT PERSIAPAN LATIHAN POSKO I PENANGGULANGAN BENCANA

0
147

Tanjungpandan__Kodim O414 Belitung menggelar kegiatan Rapat Simulasi Latihan Posko Gabungan Penanganan Bencana yang berlangsung pada Rabu, (19/06/2019) bertempat di Aula Mukodim 0414/Belitung.

Dalam sambutannya, Dandim 0414, Letkol infantri Indra Padang, menjelaskan terkait perkembangan situasi wilayah yang saat ini sedang dihadapkan pada rangkaian perubahan cuaca yang secara regional telah terjadi, sehingga membuat perubahan iklim yang cukup signifikan dan membuat perubahan cuaca ekstrim. ‘’Cuaca ekstrim ini bisa berpengaruh terhadap potensi terjadinya dampak bencana alam maupun wabah penyakit yang bisa kapan saja muncul dan mengancam masyarakat. Oleh kerenanya, kita harus mengantisipasi keadaan ini agar tidak berdampak pada terhentinya pasokan logistik dan kesulitan bagi masyarakat. Kita harus terus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi ke depan’’, jelas Dandim.

Sementara itu, Perwakilan BMKG Kabupaten belitung, M. Turhan .mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan satelit cuaca untuk antisipasi badai. ‘’Kami akan memperingati dan memprediksi terjadinya badai’’, ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung sangat merespon antisipasi bencana di Belitung. ‘’Kita harus bersatu untuk mengatasi hal ini, utamanya berkaitan dengan pengambilan kebijakan untuk langka-langkah ke depan. Kita bisa terus saling bersinergi dan berpartisipasi aktif untuk mengantisipasi persoalan ini agar bencana dapat diatasi dan ditanggulangi dengan cepat dan akurat’’, kata Sastra.

Mewakili Bupati Belitung, Asisten bidang pemerintah Setda Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH menyampaikan ucapan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan persiapan penanggulangan bencana pada kesempatan ini. Menurutnya, berbagai persiapan harus dilakukan untuk memaksimalkan penanganan bencana ke depan. Apalagi kita sudah pernah merasakan kejadian bencana banjir dua tahun lalu, yang mana curah hujan didaerah kita terjadi cukup tinggi dan intens, sehingga mengakibatkan terjadinya bencana banjir yang menimbulkan korban jiwa maupun dampak negatif lainnya.

‘’Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Belitung menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seperti ini dalam upaya penanggulangan bencana. Tentunya usulan dan saran yang disampaikan agar bisa dikoordinasikan, sehingga kita bisa saling bahu membahu dan semakin sigap dan tanggap dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Belitung’’, ujar Mirang.  

Latihan posko I ini merupakan latihan operasi membantu penanggulangan bencana banjir di wilayah Kabupaten Belitung dalam rangka operasi penanggulangan bencana alam. Latihan Posko I tingkat Kodim ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam menanggulangi bahaya banjir dan angin puting beliung. ***dk