Kunjungi Kabupaten Bintan, Bupati dan Forkominda Belitung Studi Komperatif Penerapan “New Normal” Bidang Pariwisata

0
69

Bintan__Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, didampingi Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung beserta segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu, (15/7).

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut hangat oleh Wakil Bupati Kabupaten Bintan, H. Dalmasri Syam, MM didampingi perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Bintan, Sekda Kabupaten Bintan, Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Bintan dan jajaran OPD di lingkungan Pemkab Bintan di Ruang Rapat II Pemkab Bintan. Acara pertemuan dilaksanakan dengan tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka studi komparatif terkait penerapan “new normal” bidang pariwisata, serta ingin mengetahui lebih lanjut berkenaan dengan inovasi dan terobosan baru yang dilakukan Pemkab Bintan dalam pelaksanaan tatanan normal baru, sekaligus berkenaan dengan upaya-upaya yang dilakukan dalam mencari peluang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masa pandemi Covid-19. “Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bintan yang telah bersedia menerima kunjungan ini. Ada beberapa hal yang ingin kami pelajari dan diskusikan, khususnya berkenaan dengan penerapan tatanan normal baru disini, sekaligus kami juga ingin melihat upaya-upaya yang dilakukan, termasuk beberapa inovasi pengembangan potensi daerah, khususnya pada sektor pariwisata dalam masa pandemi Covid-19. Mudah-mudahan kami bisa sharing dan belajar banyak tentang konsep pembangunan daerah, sekaligus kami bisa melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan dan penerapan protokol kesehatan bidang pariwisata”, tutur Sahani.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Bintan, Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyambut baik kedatangan rombongan dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat positif bagi pengembangan daerah, khususnya sektor pariwisata Belitung. “Kami juga mengapresiasi kehadiran Bupati, forkominda dan jajaran ke Kabupaten Bintan. Ini menjadi kehormatan bagi kami karena menjadi tempat studi komperatif penerapan tatanan normal baru. Mudah-mudahan kunjungan ini bisa bermanfaat, sehingga kita bisa saling belajar, berdiskusi serta bertukar pikiran. Inilah daerah kami dengan segala potensi yang dimiliki, semoga bisa menginspirasi”, pungkasnya.

Selanjutnya dalam kesempatan ini, Asisten Administrasi Pemerintahan, Muh. Setiyoso menyampaikan paparan terkait selayang pandang Kabupaten Bintan, pontensi yang dimiliki daerah, peningkatan PAD, strategi penanganan dan penanggulangan Covid-19, termasuk penerapan “new normal” atau tatanan kehidupan baru di Kabupaten Bintan. “Terkait penanganan dan penanggulangan Covid-19, Pemkab Bintan melalui gugus tugas memiliki beberapa strategi, salah satunya adanya penyediaan layanan pengaduan atau call centre (telpon dan email) dan website khusus guna penyebaran informasi-informasi penting berkenaan dengan perkembangan Covid-19, termasuk penyebaran, penanggulangan dan pencegahannya serta info-info penting lainnya mengenai tahapan penerapan new normal, seperti; pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat pada beberapa sektor pembangunan daerah “, jelasnya.

Ditambahkan Setiyoso, berkenaan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata, semula Pemkab Bintan telah menargetkan pencapaian PAD sebesar 320 Miliar untuk tahun 2020, namun karena adanya pandemi Covid-19 dilakukan recofusing anggaran. “Target penyerapan PAD sektor pariwisata kami turunkan menjadi sebesar 100 Miliar. Itupun dengan beberapa catatan-catatan, dan kami juga dibantu dengan adanya dukungan dan kerja keras dari para pelaku pariwisata. Adapun salah satu strategi yang kami lakukan dengan membuka akses bagi para pelaku pariwisata untuk melakukan langkah dan upaya promosi langsung, dan kami bantu untuk pendampingan penyusunan dan penerapan standar protokol kesehatannya”, ujarnya.

Kunjungan ini diharapkan bisa menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi Pemerintah Kabupaten Belitung untuk memantapkan penerapan “new normal” atau tatanan normal baru di Kabupaten Belitung. Sebelumnya, dalam kunjungan ini, Bupati dan rombongan juga sempat berkeliling ke beberapa kawasan wisata di Kabupaten Bintan guna melihat secara langsung penerapan protokol kesehatan yang berlaku di Bintan.

Turut hadir dalam pertemuan, Sekda Kabupaten Bintan, Drs. H. Adi Prihantara, MM, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bintan, Agus Hartanto, para Asisten dan jajaran terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Bintan. Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama.