Launching Aplikasi Perpustakaan Digital Belitung   (i-Belitung)

0
133

Tanjungpandan-Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si., melaunching Aplikasi i-Belitung, Kamis (24/09), bertempat di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, H. Paryanta,S.Pd.,S.Ip.,M.Si dalam sambutannya menjelaskan, i-Belitung merupakan  aplikasi Perpustakaan Digital Belitung (Elektronik Perpusda Belitung), dimana layanan peminjaman buku dan koleksi buku melalui protokol sarana prasarana elektronik, dan digital, sehingga semua orang bisa meminjam koleksi perpustakaan berupa e-book, e-majalah, e-video, dan koleksi perpustakaan lainnya melalui sebuah aplikasi di smartphone yang dibrand namanya i- Belitung yg merupakan penjelmaan dari e-Belitung.  “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berupaya mengikuti  perkembangan zaman melalui inovasi i-Belitung, meskipun   ditahap awal, sekitar 431 buku yang tersedia diaplikasi dan masih  cukup terbatas akan tetapi kita berupaya memperbaharui, sehingga ditahun mendatang dapat menambah koleksi di aplikasi tersebut. Harapan kami hal  ini juga dapat menambah minat baca di Kabupaten Belitung sehingga masyarakat Belitung semakin cerdas”, ujar Paryanta.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn.,M.Si mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  dengan meluncurkan aplikasi i-Belitung sebagai inovasi dalam mengikuti perkembangan zaman.  “Saat ini transformasi digitalisasi sangat cepat, kita sebagai daerah pariwisata harus membangun sebuah sistem melalui aplikasi digital.  Saya berharap peluncuran aplikasi ini bukan akhir dalam berinovasi lebih lanjut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan harus mensosialisasikan hingga ke desa-desa sehingga aplikasi ini  dapat terus berkembang”, ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan “Perpustakaan digital diharapkan dapat menjadi sarana untuk menyimpan, mengemas,  mendistribusikan beragam informasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya generasi muda Belitung secara akurat, cepat dan relevan. Sehingga anak anak kita bisa belajar tentang budaya Belitung melalui aplikasi ini”, jelas Wabup.

Launching aplikasi i-Belitung ini ditandai  dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Belitung.

Pada kesempatan itu juga diserahkan  Kartu Anggota Perpustakaan Belitung  secara langsung  oleh Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung dan diterima oleh Wakil Bupati Belitung serta Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung.

Hadir pada acara tersebut Asisten Bidang Administrasi dan Keuangan, Dra. Ita Wahyuni serta kepala OPD Kabupaten Belitung. (FZ)