Lihat Potensi Agrowisata Desa Badau, Wabup Tinjau Kebun Nanas dan Lada

0
69

Badau__Pemerintah Kabupaten Belitung terus berupaya untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah, salah satunya pengembangan pariwisata berbasis agrowisata. Keseriusan ini juga ditunjukan dengan dukungan yang diberikan Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si saat meninjau area perkebunan nanas dan lada yang dikelola Pemerintah Desa Badau, Rabu, (19/8).

Dalam kesempatan ini, Wabup menilai perkebunan nanas milik Pemerintah Desa Badau memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dalam rangka menunjang sektor pariwisata daerah. “Saat ini, kita tidak boleh hanya bergantung pada wisata pantai semata, namun kita harus melihat peluang-peluang lain yang bisa kita kembangkan ke depan, salah satunya wisata agrowisata berbasis perkebunan seperti kebun nanas dan lada ini”, ujar Isyak.

Disamping itu, dikatakan Wabup perkebunan nanas ini merupakan salah satu keberhasilan program Bebaguk (Bagi Bibit Buah Gratis untuk Kampong) yang sudah direalisasikan Pemerintah Kabupaten Belitung. Hal ini juga sekaligus untuk membangkitkan kembali citra perkebunan di Desa Badau yang identik dengan buah nanasnya atau biasa disebut “nanas badau”. “Kita bisa membuat sesuatu yang baru berupa produk khas Desa Badau yang dikenal dengan tanaman nanasnya, jadi bukan hanya sebatas dodol atau keripik saja, tetapi dapat dibuat sebuah produk baru yang berbeda dari biasanya, dengan dikemas semenarik mungkin dan bisa dimix juga dengan yang produk lainnya, seperti dibikin minuman jus yang fresh. Ini bisa menjadi peluang usaha baru bagi KUKM untuk menciptakan sesuatu yang unik dan menarik”, tutur Isyak.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Isyak juga meninjau perkebunan lada milik Pemerintah Desa Badau. Wabup juga berpesan agar kiranya dinas terkait dapat merangkul masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki daerahnya dan menangkap peluang yang ada untuk bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang baru dan bisa dijual untuk mendorong sektor pariwisata, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Turut hadir mendampingi Wabup, perwakilan OPD terkait di lingkungan Pemkab Belitung, serta segenap jajaran Pemerintahan Desa Badau.

Diakhir kunjungan, Wabup juga menyempatkan diri untuk meninjau kegiatan Program Padat Karya di sepanjang jalan Desa Petikan, Kecamatan Badau. (DK)