Pemerintah Daerah Fokuskan Bantu Masyarakat Sektor Informal Yang Terkena Imbas Corona

0
138

Tanjungpandan- Saat ini, selain berupaya untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang sudah menjadi pandemi nasional dan global. Pemerintah Kabupaten Belitung juga berupaya merumuskan kebijakan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang perekonomiannya jatuh akibat virus corona atau Covid-19. Hal ini, disampaikan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. saat menyerahkan bantuan dari pengusaha terkait Covid-19 kepada RSUD dr.H. Marsidi Judono, pada hari Rabu, bertempat di RSUD dr.H. Marsidi Judono, (15/04/2020).

Bupati yang didampingi oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan sekaligus Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Belitung, DR. Zakina, M.Si. menjelaskan terkait penanganan dampak corona, pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang ekonominya terpuruk akibat himbauan untuk tinggal dirumah saja selama pandemi corona atau Covid-19 tersebut.

“Seperti dari sektor UMKM, petani, nelayan, hingga kuliner jadi inilah yang akan menjadi fokus bantuan kita diluar dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya sudah dibantu dari pemerintah pusat setiap bulannya dan sudah ada peningkatan dari propinsi maupun pusat” kata Bupati.

Sementara itu, ditambahkan Bupati untuk pekerja di sektor informal yang terkena dampak corona juga akan diberikan bantuan dengan diinventarisasi melalui desa. “Sebenarnya semua orang terdampak tetapi tetap akan kita verifikasi, betul-betul mana yang bisa akan kita bantu dan pendataan melalui desa. Tetapi yang kaitan dengan 4 (empat) Kementerian, diantaranya Perikanan dan Kelautan, Perindagkop, Pertanian dan Pariwisata, selain melalui desa tetap akan melakui perangkat daerah terkait”.

Menurut Bupati, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada tumpang tindih, terutama yang selama ini telah mendapat bantuan setiap bulan. Untuk itu, rencananya pemerintah daerah akan menanggulangi permasalahan  yang dialami oleh masyarakat yang jatuh miskin  akibat atau Covid-19,  berupa bantuan sembako bukan uang tunai.

Bupati Belitung Serahkan Bantuan

Melalui sinergitas dengan pengusaha-pengusaha yang tergerak untuk mendukung pelayanan tersebut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. secara langsung menyerahkan 1(satu) unit buggy car kepada Direktur RSUD dr.H Marsidi Judono, dr. Hendra, SP.An. bertempat di RSUD dr.H. Marsidi Judono Tanjungpandan, pada hari Selasa, (15/04/2020).

Dijelaskan oleh Bupati bahwa bantuan tersebut, diberikan oleh pengusaha asal Belitung Timur yakni saudara Samuel Pangestu dengan niat untuk membantu pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Belitung.

“Jadi Beliau menghubungi kita dan bertanya apa dapat dibantu dalam hal layanan Covid-19.  Jadi saya ceritakan untuk beberapa alat medis, kita (Pemerintah Daerah) sudah banyak support bantuan. Tetapi karena beliau pernah melihat Rumah Sakit ini, kok luas sekali dari satu ruangan keruangan lainnya maka diberikanlah bantuan kendaraan ini”, ujar Bupati.

Dengan adanya bantuan tersebut, disampaikan Bupati diharapkan agar pelayanan dari ruangan keruangan lainnya aksesnya lebih cepat, khususnya bagi para Lanjut Usia yang membutuhkan dan layanan pasien terkait Covid-19.

Terkait bantuan yang diberikan Bupati, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan berharap agar pengusaha lainnya dapat juga berperan dalam mendukung pemerintah daerah, bukan hanya dari penyediaan Alat Kesehatan (ALKES).

Senada dengan Bupati Belitung, Direktur RSUD dr.H Marsidi Judono, dr. Hendra, SP.An. menyampaikan bahwa nantinya kendaraan tersebut akan digunakan untuk membantu mobilisasi dan transportasi pasien dari ruangan ke ruangan lainnya, khususnya yang usia diatas 60 tahun. (FK/FW)