Pemerintah Kabupaten Belitung Mengajak Kaum Perempuan Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

0
171

Tanjungpandan- Tahun ini, hari Ibu ke-91 diperingati dengan tema Perempuan   Berdaya,  Indonesia Maju”. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Belitung mengajak kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Hal tersebut disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs.H  Jasagung Hariyadi,  M.Si.  dalam  peringatan  Hari  Ibu  ke-91  dan  HUT  Gerakan  Organisasi Wanita  ke-55 Tahun 2019, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, Kamis, (18/12).

Menurut Jasagung, kualitas hidup kaum perempuan harus terus ditingkatkan sebab meskipun banyak keberhasilan dan kemajuan yang dicapai perempuan Indonesia hingga saat ini, namun tidak dipungkiri masih banyak dijumpai kondisi perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif lainnya. “Perempuan dan anak dengan jumlah yang relatif besar yaitu; 80% dari total penduduk Indonesia, keduanya merupakan sumber daya dan aset potensial dalam pembangunan. Untuk itulah, kaum perempuan Indonesia harus terus berinovasi, kreatif dan mandiri.

Ditambahkan  Jasagung,  Inovasi,  kreatifitas  dan  kemandirian  penting  guna mempersiapkan kaum perempuan, khususnya generasi muda di Kabupaten Belitung. Agar siap menghadapi berbagai kemajuan dan perkembangan dunia yang semakin canggih. “Tentunya dengan tetap menjunjung nilai-nilai adat dan budaya daerah”, ujar Jasagung.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan, Ratna Lely Pancawati menyampaikan bahwa peringatan hari ibu ke-91 yang dirangkai dengan HUT Gerakan Organisasi Wanita (GOW) bertujuan  untuk  mengenang  dan  menghargai  kaum  perempuan  Indonesia,  khususnya  di Kabupaten Belitung. “Untuk itu, peringatan ini melibatkan seluruh organisasi wanita se- Kabupaten Belitung dengan beberapa rangkaian kegiatan, antara lain lomba senam lagu daerah Belitung dan Lomba mars daerah Belitung, ziarah hingga Anjang sana dengan menyerahkan paket bantuan kepada lansia” jelas Ratna.

Pada puncak peringatan tersebut, yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung serta Ketua Dharma Wanita Kabupaten Belitung, dan para undangan, ditandai dengan pemotongan tumpeng serta pembagian hadiah kepada para juara dalam lomba-lomba yang telah diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 dan HUT Gerakan Organisasi Wanita ke-55 Tahun 2019. (FW/MEI)