Pemerintah Kabupaten Belitung Siap Terapkan “New Normal” Pada Peringatan HJKT Ke-182

0
97

Tanjungpandan- Komitmen Pemda untuk mulai menerapkan “New Normal” tersebut, disampaikan oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. dalam Acara Silahturahmi dan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif Dan Aman Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 Di Kabupaten Belitung bersama Kepala Desa se-Kabupaten Belitung, bertempat di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Belitung, pada hari Senin, (22/06/2020).

Dijelaskan Bupati, untuk mendukung penerapan “New Normal” pemerintah daerah melalui 10 Organisasi Perangkat Daerah juga  telah menyusun protokol terkait  10 bidang tatanan baru.” Salah satu protokol “New Normal” yang  secara substansi sudah disusun oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung yakni pada bidang pemerintahan desa”, ujar Bupati.

Terkait protokol “New Normal” yang sudah ada, Bupati mengajak jajaran Camat hingga Kepala Desa untuk aktif dan segera mensosialisasikan kembali kepada masyarakat, dengan membentuk tim. “Kepada para Camat, segera membentuk tim di kecamatan dan desa untuk mensosialisasikan kembali, khususnya protokol mana yang berhubungan dengan masyarakat dan jangan ada honor” tegas Bupati.

Bupati menargetkan kepada para Camat dan Kades, agar sampai Tanggal  30 Juni 2020 informasi sudah sampai kepada masyarakat. ” Sebab tepat pada Tanggal 1 Juli 2020 yang bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan,  Kabupaten Belitung siap terapkan “new normal” atau “tampang lamak perangai baru”.

Dijelaskan Bupati, adapun informasi yang perlu disosialisasikan seperti pada bidang layanan pendidikan dan kebudayaan, yakni  para guru harus masuk terlebih dulu dan mempersiapkan sekolah. ” Agar ketika murid masuk, nantinya  sekolah sudah siap. Untuk itu tolong dipantau juga untuk kondisi sekolah”, ujar Bupati.

Sedangkan untuk bidang lainnya seperti bidang pariwisata, Bupati menyampaikan bahwa protokol “New Normal“nya juga sudah ada. “Sebab sesuai arahan pemerintah pusat maka hanya 4 provinsi tempat wisatanya dibuka kembali seperti Bali, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bangka Belitung yakni Pantai Tanjung Kelayang. Untuk itu, terkait destinasi wisata lainnya, Camat dan Kades mari dibenahi seperti di Bukit Peramun dan Mangrove Kuale”, tambah Bupati.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn., M.Si. menambahkan pada  prinsipnya penerapan “New Normal” merupakan penerapan tradisi hidup baru.” Dimana kita dan masyarakat diharapkan untuk adaptasi hidup baru dengan memakai masker, mencuci tangan, melakukan jaga jarak dan makan bergizi”, jelas Wabup.

Intinya Wabup mengajak agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pemerintah dan menerapkan perilaku hidup sehat, seperti yang sudah sering digaungkan sejak lama untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas sosial ekonomi dan juga keselamatan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si. menyampaikan bahwa untuk mendukung rencana penerapan “New Normal”, sosialisasi terhadap protokol 10 bidang akan dilaksanakan mulai hari ini (Senin). ” Hari  ini OPD kita sudah punya jadwalnya, dimulai dari Dinas KUMKM dan Pemda punya waktu 8 hari untuk mensosialisasikannya”, jelas Sekda.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung dan dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, Sekda menghimbau agar semua pihak dapat memberikan dukungannya demi kelancaran penerapan  “New Normal” di Kabupaten Belitung pada 1 Juli 2020 mendatang.(FW)