Pemerintah Kabupaten Belitung Siapkan Penerapan Protokol “New Normal”

0
42

Tanjungpandan- Penerapan tatanan Normal Baru atau “New Normal” di Kabupaten Belitung terhadap 10 bidang dalam pembangunan terus dipersiapkan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung, salah satunya melalui Rapat Koordinasi lintas sektor terkait yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si., pada hari Jum’at, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung (19/6/2020).

Menurut Sekda, dengan pertemuan ini setiap Organisasi Perangkat Daerah yang terkait dalam 10 bidang “New Normal” dapat segera melakukan koordinasi dan menyamakan langkah bersama. “Seperti penyiapan agenda untuk mulai sosialisasi, simulasi, monitoring dan evaluasi dari setiap OPD terhadap protokol kesehatan yang harus ditaati ketika melaksanakan aktivitas pada 10 bidang tatanan Normal Baru”, jelas Sekda.

Koordinasi dan sinergi dalam penerapan protokol tatanan Normal Baru diperlukan sehingga pesan atau informasi yang sampai ditengah masyarakat itu sama. ” Sebab isu penerapan “New Normal” sangat ramai dibicarakan ditengah masyarakat. Untuk itu, baik informasi yang disampaikan oleh pimpinan daerah maupun kita harus sama, sehingga jadwal sosialisasi hingga evaluasi terkait penerapan “New Normal” harus segera disusun, paling lambat Senin ini (22/6/2020)”, tambah Sekda.

Sementara itu, setiap Organisasi Perangkat Daerah yang hadir sudah menyatakan kesiapan untuk mendukung implementasi dari penerapan tatanan Normal Baru, salah satunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Junaidi, S.Pd. bahwa persiapan mulai dari sosialisasi terhadap penerapan protokol di bidang pendidikan. “Sejak tanggal 2 Juni 2020, kami telah melaksanakan sosialisasi mulai dari PAUD hingga Sekolah Dasar per Kecamatan dan sudah jalan. Tinggal koordinasi untuk pembuatan konten sosialisasi secara visual dengan Diskominfo untuk disosialisasikan kembali kepada orang tua siswa”, jelas Junaidi.

Ditambahkan Junaidi, sosialisasi terhadap orang tua menjadi penting agar protokol kesehatan dilingkup sekolah dapat berjalan dengan baik.

Adapun 10 bidang tatanan normal baru antara lain: Bidang Kedinasan dan Tempat Bekerja Bagi Aparatur Sipil Negara; Bidang Layanan Kesehatan; Bidang Layanan Pendidikan dan Kebudayaan Kegiatan Kemasyarakatan dan Penyelenggaraan Acara; Bidang Usaha/Pusat Keramaian (Pasar dan Pertokoan); Bidang Pariwisata; Bidang Transportasi Publik; Bidang Pemerintahan Desa; Bidang Layanan Investasi; Bidang Kepemudaan dan Olahraga.

Dalam rapat yang dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung tersebut, Sekda menegaskan agar setiap OPD tetap menghimbau masyarakat untuk lakukan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan hingga jaga jarak, sesuai dengan protokol “New Normal” yang di tetapkan dalam Peraturan Bupati Belitung Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Belitung. (FW)