Pemkab Belitung Gelar Upacara Hari Lahirnya Pancasila

0
151

Belitung – Pemerintah Kabupaten Belitung menggelar Upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Sabtu, (1/6) di Halaman Kantor Bupati Belitung. Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos bertugas sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan tersebut.

Upacara dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, Unsur Forkopimda serta Kepala OPD beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Bupati Belitung menjelaskan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘’pendiri bangsa’’ merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. 

Lebih lanjut, Bupati mengatakan walaupun sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun diakui bahwa eksistensi ke-Indonesia-an, baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Tidak hanya itu, Bupati Belitung juga memaknai pancasila sebagai salah satu ideologi negara sebagai bentuk pendangan hidup di Negara Indonesia sehingga harus menjadi suatu pedoman hidup bersama berbangsa dan bernegara.

Bupati berharap kedepannya akan digali kembali nilai-nilai Pancasila. karena menurut Bupati, untuk saat ini, nilai-nilai pancasila sudah mengalami pergeseran dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.