Pemkab Belitung Salurkan Bantuan Sosial Untuk Warga Terdampak Covid-19

0
82

Tanjungpandan_Pemerintah Kabupaten Belitung mulai melakukan pendistribusian bantuan sosial berupa paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan Sosial berasal dari dana APBD Kabupaten Belitung Tahun 2020  dalam rangka penanganan dampak sosial ekonomi akibat pendemi Covid-19. Pelepasan distribusi bansos dilakukan secara simbolis oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos pada Senin, (18/05) bertempat di Halaman Kantor BUMN PT. Belitong Mandiri (Hotel Billiton) Tanjungpandan.

Dalam arahannya, Bupati Belitung merasa bersyukur dilaksanakannya pendistribusian bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19 berupa bahan kebutuhan pokok senilai Rp 250.000,-. “Bantuan yang diberikan sudah tepat sasaran, meskipun memang sempat ada kekeliruan pada penerima bantuan yang masuk dalam data. Tapi itu semua sudah diperbaiki, dan kami sudah ada SK (Surat Keputusan) baru, jadi yang kemarin ada data yang tidak sesuai namun terdata, jadi sekarang sudah direvisi,” kata Sahani.

Lebih lanjut, Bupati juga memastikan kembali bahwa bantuan yang diberikan sudah tepat sasaran dan tidak akan ada orang yang tidak terdampak mendapatkan bantuan. “Data yang ada sudah kami sondingkan dengan data yang dari Desa yang baru. Mensortir data ini lah yang lama, jangan sampai nanti tidak tepat sasaran. Data ini juga di sondingkan lagi dengan data KTP yang ada di Dukcapil, itu semua kami masukan kembali di aplikasi tersebut,” ujarnya.

Kata Sahani, apabila ada masyarakat yang merasa sudah kategori mampu atau merasakan tidak terdampak covid-19, secara sadar diminta untuk melaporkan diri ke Desa, agar tidak menerima bantuan tersebut. “Begitu juga sebaliknya, yang merasa tidak mampu tapi tidak mendapatkan bantuan, segera lapor ke Desa, karena nanti bisa diajukan, agar mendapatkan bantuan di tahap berikutnya,” tambahnya.

Adapun  penerima bansos APBD Kabupaten Belitung Sesuai SK Bupati tentang Penetapan Penerima Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Bencana Non Alam Penyebaran Wabah Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Belitung sebagai berikut: 

1) Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan pada Sektor UMKM Dan Sektor Ketenagakerjaan (Keputusan Bupati Nomor 188.45/260/KEP/KUKMPTK/2020) sebanyak 2730 KK.

2) Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan pada Sektor Pariwisata (Keputusan Bupati Nomor 188.45/261/KEP/DISPAR/2020) sebanyak 662 KK.

3) Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan pada Sektor Pertanian (Keputusan Bupati Nomor 188.45/262/KEP/DKPP/2020) sebanyak 2375 KK.

4) Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan pada Sektor Perikanan (Keputusan Bupati Nomor 188.45/263/KEP/DISPERIK/2020) sebanyak 3794 KK.

5) Jumlah penerima bantuan sosial berupa sembako dari APBD Kabupaten Belitung bulan Mei 2020 sebanyak 9561 KK.

Turut hadir dalam kegiatan, Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Sekda Kabupaten Belitung, H. MZ. Hendra Caya, SE, M.Si Kepala BPBD Kabupaten Belitung, Hendri S, Manager BUMD PT. Belitong Mandiri, Azrul Azwar, Para Asisten, Staf Ahli, perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Belitung, Camat se-Kabupaten Belitung, serta undangan lainnya.