Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan Penyandang Disabilitas Terima Bantuan Sembako pada Peringatan HKSN 2019

0
63

Belitung – Sebanyak 60 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menerima bantuan paket sembako dari Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Paket diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Babel, Drs. H, Abdul Fatah, M.Si dalam kegiatan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN),  Selasa (15/10/2019) di Masjid Al Jaria’ah Desa Membalong Kecamatan Membalong.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Rusli, S.Ag, M.Pdi melaporkan selain memberikan bantuan kepada Penyandang Masalah Kesejarteraan Sosial (PMKS), bantuan juga diberikan kepada 25 orang Penyandang Disabilitas dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Sosial Kabupaten Belitung.

Selain itu menurut Rusli, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempertahankan dan menyemai kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial di tengah masyarakat.

Lebih lanjut Rusli juga mengatakan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan jaringan kerja dari berbagai unsur pemerintahan, dunia usaha dan masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si menjelaskan tema “Kesetiakawanan Menembus Batas” memberi makna bahwa pelaksanaan peringan Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2019 ditujukan untuk memunculkan kembali semangat kebersamaan, simpati, empati serta mendorong orang untuk berbuat yang terbaik bagi orang lain.

“Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini merupakan wujud rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi ancaman dan tantangan,” ujar Wagub.

Tidak hanya itu, menurut Wagub Peringatan HKSN ini juga sebagai upaya mengenang, menghayati, dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan, dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.

Wagub berharap peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2019  dapat dijadikan “alat pengungkit” untuk menggerakan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada dimasyarakat.

Senada dengan Wagub, Bupati Belitung yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si juga menjelaskan Peringatan Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan masyarakat yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

”Saya mendukung dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan pada hari ini karena nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu terus dilestarikan dan diperkokoh. Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para pekerja sosial rasanya perlu untuk terus ditingkatkan, ” lanjut Jasagung.

Jasagung juga mengajak masyarakat semua untuk terus membangun kesetiakawanan, baik dimulai dari diri sendiri maupun lingkungan keluarga dan sekitar kita. Karena Sejarah telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia mampu mencapai kemerdekaan, berkat semangat kesetiakawanan sosial yang tinggi.

Acara ini dihadiri pula oleh Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kabupaten Belitung dan undangan lainnya.