Sekda Sambut Baik Kegiatan “Pengabdi Muda #2” di Kabupaten Belitung

0
40

Tanjungpandan- Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H.MZ. Hendra Caya, S.E., M.Si. beserta jajaran menerima audiensi dari perwakilan Yayasan Arah Pemuda Indonesia (API) dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema “Pengabdi Muda #2”, yang difasilitasi oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, pada hari Jum’at, (10/7/2020), bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung.

Dalam audiensi tersebut, Sekda menyambut baik atas rencana dari Kegiatan “Pengabdi Muda #2 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus hingga 14 Agustus 2020, di beberapa pulau yang ada di Kabupaten Belitung yakni Pulau Gersik, Pulau Buntar dan Pulau Kuil.”Pemerintah Kabupaten Belitung menyambut baik dan akan memfasilitasi, men-support dan tidak akan membiarkan para peserta selama kegiatan dilaksanakan.”

Untuk mendukung terlaksananya kegiatan dengan baik mengingat kondisi dan lokasi wilayah kegiatan berada cukup jauh, maka koordinasi antara pihak penyelenggara yakni Yayasan Arah Pemuda Indonesia (API) dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait dilingkup Pemerintah Kabupaten Belitung perlu dilaksanakan.

Sementara itu, Muhammad Robiyanto selaku Ketua Yayasan menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dan memaparkan sekilas tentang kegiatan “Pengabdi Muda #2”. “Bahwa “Pengabdi Muda #2″ merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat lintas disiplin ilmu, yang diikuti oleh 70 pemuda pemudi dari kalangan profesional seperti dokter, perawat, guru, vidiografer, mahasiswa dan lainnya.” ujar Robiyanto.

Adapun rangkaian kegiatan “Pengabdi Muda #2″, dijelaskan Robiyanto terdiri dari 7 divisi, antara lain untuk divisi pendidikan berupa sekolah inspirasi, sekolah alam, Focus Group Disscusion dan Parenting. ” Kemudian untuk divisi lingkungan terdiri dari kegiatan susur pantai, sosialisasi pengelolahan sampah, pembuatan rekomendasi (policy brief biopori) hingga penanaman mangrove”, paparnya.

Sementara itu untuk divisi ekonomi, disampaikan Robiyanto berupa kegiatan one island one leader, optimalisasi BUMDes, Bazzar dan optimalisasi promosi potensi lokal dengan basis ekonomi kreatif. “Untuk divisi kesehatan dan divisi pariwisata, kegiatan berupa sosialisasi stunting oleh dokter, penyuluhan bahaya NAPZA, sosialisasi dan praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), social maping potensi wisata Desa Pulau Gersik hingga jelajah wisata Kabupaten Belitung untuk dibuat video promosi pariwisata” jelasnya.

Ditambahkan oleh Robiyanto bahwa dari audiensi pada hari ini, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Belitung dapat memberikan berbagai dukungan seperti dukungan transportasi, fasilitasi akomodasi hingga pendampingan. (FW)