Wakil Bupati Belitung, Buka Acara Sosialisasi Perbup

0
18


Tanjungpandan-Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, S.Sn.,M.Si membuka acara Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 28 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Daerah, Peraturan Bupati Nomor 35 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Pemkab Belitung serta Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penanganan Benturan Kepentingan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (22/10) bertempat di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten Belitung.
Kepala Inspektorat Kabupaten Belitung, Ir. Arpani dalam sambutannya mengatakan “Kami berterima kasih kepada seluruh tim dan pimpinan, pada tahun ini kita dapat menyelesaikan tiga Perbup yang berkaitan dengan tugas Inspektorat. Peraturan ini memang diinisiasi dalam mendukung peraturan perundang-undangan sekaligus diharapkan nantinya dapat diterapkan hingga ketingkat desa sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas kepemerintahan”.
Sementara itu Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan melalui peraturan ini kita sudah memasang alarm dalam melaksanakan tugas-tugas yang mana Perbup satu sama lain saling berkaitan.
“Saat sekarang banyak pemimpin-pemimpin yang saat menjabat mungkin tidak mempunyai masalah yang begitu banyak, akan tetapi diakhir jabatan banyak persoalan muncul, hal inilah perlu diantisipasi dari awal melalui peraturan-peraturan ini. Tiga Perbup ini bukan hanya sekedar memenuhi aturan peraturan perundangan tapi disiapkan agar kita lebih baik dimasa akhir jabatan kita”, ujar Wabup.
Lebih lanjut Wabup mengatakan, kedepan, melalui teknologi yang berkembang diharapkan OPD terkait dapat menggunakan sistem aplikasi agar tidak ada keraguan publik terhadap apa yang pemerintah kerjakan.
“Jangan sampai beredar opini macam-macam di masyarakat yang dapat merusak nama baik pemerintah maupun seseorang. Yang paling sulit berkaitan dengan benturan kepentingan, ini paling berat perlu adanya keteguhan baik dari Inspektur dan jajaran banyak hal-hal yang dapat mempengaruhi”. Kami berharap tiga perbup ini bukan hanya formalitas semata akan tetapi dapat melindungi agar diakhir masa jabatan kita agar tidak masuk ke zona yang tidak aman”, jelas Wabup.
Hadir pada acara tersebut Asisten I Bidang Pemerintahan, Bakrie Hauriansyah, SE., Asisten III Bidang Keuangan, Dra. Ita Wahyuni, Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya. (FZ)